Senin, 06 Februari 2012

PERANGKAT INTERNET

Perangkat untuk mengakses internet terdiri dari 2 macam, yaitu :
1. Perangkat Keras (Hardware)
2. Perangkat Lunak (Software)



Hardware untuk mengakses internet
a. Modem
Modem adalah singkatan dari MOdulator DEModulator. Fungsinya adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (suara), da mengubah kembali sinyal analog menjadi sinyal digital. Modem membuat komputer bisa berkomunikasi melalui kabel telepon. Kecepatannya mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps)/bit perdetik.
Jenis Modem :
1. Modem Internal
Modem jenis ini dipasang langsung di mainboard komputer.  Keuntungan modem ini adalah harga yang lebih murah.
2. Modem Eksternal
Modem jenis ini terpisah dengan komputer. Modem ini dihubungkan ke komputer menggunakan kabel. Keuntungan modem ini adalah pemasangan yang lebih mudah, serta dapat dipindahkan ke komputer lain.
b. Line Telepon
Jaringan inidapat disambungkan melalui modem, baik modem internal mau pun eksternal. Jaringan ini digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Dengan demikian, kita dapat terhubung ke internet apabila kita memiliki komputer, modem, line telepon dan mendaftar pada sebuah perusahaan penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider atau ISP) serta menginstalasi perangkat lunak yang diperlukan.



Software Untuk Mengakses Internet
Selain perangkat keras, dibutuhkan juga perangkat lunak untuk mengakses internet. Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak untuk mengakses internet.
a. Microsoft internet explorer dan netscafe navigator adalah perangkat lunak browser yang digunakan untuk mengakses web atau WWW.
b. Cute FTP, Go!Zilla dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.
c. Mirc, Yahoo Massenger atau ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.
d. Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar